assalamualaikum wr.wbr.

14 September 2010

Penyebab Bad Sector Hard Disk

Ass..wr..wbr
Ini adalah pengalaman aku yang sangat menjengkelkan..beberapa kali laptopku hang dan amat lambat aku sih taunya pasti kena virus, setelah aku seken dengan antivirus yang aku punya nihil nggak ada virus..setelah cari-cari penyebabnya ternyata mengalami badsector pada hardisc..aku jadi tambah bingung apa itu badsector ?, ternyata badsector itu adalah kerusakan pada hardisc terutama pada partisi C, ada beberapa penyebab hardisc mengalami badsector diantaranya adalah sbb :
  1. Mematikan Laptop tidak melalui sutdown tapi langsung menekan tombol power laptop
  2. Sering memasang software yang tidak disuport oleh laptop
  3. Bias juga karena virus
  4. Sering membawa laptop kesana kemari
  5. Laptop yang kepanasan
  6. Karena lampu mati tiba-tiba
  7. Dll
Terpaksalah aku nganggur 4 hari tidak kutak atik laptop..karena laptopku jadi pasien dokter laptop maksudku dibawa ke Tukang servis Laptop, mau tau apa yang terjadi kalau laptop kita mengalami badsector..semua data kita akan hilang brow, begitu  satu minggu aku pake laptop setelah comeback dari tukang servis, laptopku merayap lagi seperti semut..dan blang nggak bisa kebuka windowsnya..ya terpaka lagi dibawa kembali ke tukang servis, nah ini yang membuat aku terperangah..badsectornya sudah kronis (ah..seperti penyakit aja) emang betul..ternyata badsector itu seperti penyakit pada manusia lho bisa menyebar.. Bad Sector dapat menyebabkan akibat yang fatal pada sistem dan kadang-kadang bisa menyebar kepada track atau sector yang lain dalam hard disk. Dan ujung-ujungnya umur dari hard disk menjadi lebih singkat. Mau tau apa yang terjadi pada laptopku, hardiscnya nggak bisa diobati lagi, atu-atu jalan biar laptopku hidup lagi, yach terpaksa deh aku ngeluarin uang Rp500.000 untuk beli Hardic..ampun deh.
Nah biar teman-teman tidak mengalami seperti aku, ini aku kasi tip-tip biar laptop tidak mengalami badsector :
  1. Gunakan UPS, saat mencolok laptop ke listrik, untuk menghindari listrik mati tiba-tiba
  2. Jaga kebersihan laptop
  3. Berhati-hati saat memindahkan laptop, jangan memindahkan laptop saat masih hidup
  4. Saat dibawa berpergian hindari dari goncangan
  5. Meskipun tidak ada korelasi dengan bad sector, sebaiknya hard disk anda secara rutin dibersihkan dari file-file temporary dan juga rajin melakukan defrag pada hard disk anda.
Wassalam..semoga bisa membantu, kalau belum puas, silahkan cari info lebih lanjut







Tidak ada komentar:

Posting Komentar